Organisasi Komputer

Organisasi Komputer

Dari  asal  katanya   to  compute komputer  berarti  alat  penghitung.   Ternyata sekarang komputer tak hanya berguna sebagai alat hitung saja tetapi sudah meluas fungsinya.

Cara kerja sebuah komputer dapat dideskripsikan secara sederhana dengan diagram blok sebagai berikut :



Diagram Blok Komputer


Secara umum masing-masing bagian dapat kita rinci sebagai berikut :



1. Input Device

Input device adalah peralatan  yang kita gunakan untuk memasukkan  data atau perintah ke dalam komputer.
Contoh :

keyboard mouse scanner


Scanner



Wujud scanner:
1.   flatbed scanner dan
2.   handled scanner.

Teknologi  scanner:
1.   Resolusi (optical resolution, true resolution): 300 x 600, 9600, 1200 dpi, dst.,
2.   Mekanisme scanner-an: three pass, one/single pass,
3.   Kedalaman warna: 24 bit, 36 bit,
4.   OCR dan software: untuk membaca citra digital yang dilarik sebagai teks sehingga langsung dapat di-edit dalam komputer dengan perangkat lunak pengolah kata.



trackball

 


Trackball



interface lain (misal: sensor)



2.  Output Device


 
Digitizer



Output   device   adalah   peralatan   yang   kita   gunakan   untuk     melihat   hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer.
Contoh :

monitor





 
Monitor CRT



Teknologi monitor:
1.   CRT (Cathode Rays Tube) dan
2.   LCD (Liquid Crystal Display)

Istilah pada CRT:
Raster:  pancaran  elektron  menyapu  layar dari kiri ke kanan dengan  jalur- jalur dari atas ke bawah dalam pola yang sama.
Intensitas: tingkat pencahayaan; intensitas tinggi => cahaya terang.
Refresh   rate   (vertical   scan   rate):   jumlah   penggambaran   ulang   atau penyegaran  (refresh)  layar atau jumlah penyapuan  layar dalam satu detik. Ukurannya   dalam  Hertz  (Hz).  Misal:  70  Hz,  layar  disegarkan   kembali sebanyak 70 kali per detik.
Flicker:  kedipan  pada  layar  monitor  bila  refresh  rate-nya  lambat;  karena fosfor yang ditembakkan oleh senapan elektron CRT kehilangan kependarannya sebelum senapan elektron bisa menyegarkannya
Dot  Pitch.  Jarak  antara  dua  dot  fosfor  pada  warna  yang  sama.  Layar dengan dot pitch yang lebih kecil memiliki jarak lebih pendek antara fosfor- fosfornya.  Akibatnya  elemen-elemen  gambar  terletak  lebih  dekat, menghasilkan gambar yang lebih tajam. Kebanyakan monitor memiliki 0,31 -
0,25 mm, semakin kecil semakin baik. Misal: resolusi 1024 x 768 dengan dot pitch 0,25-0,26 mm merupakan pilihan yang ideal.
Interlacing.  Dalam  mode  interlaced  (terjalin),  pancaran  elektron  menyapu layar dari atas ke bawah dalam dua lintasan. Pertama, menyapu baris-baris ganjil dan kedua, menyapu baris-baris genap. Setiap lintasan membutuhkan waktu  setengah  dari  lintasan  penuh  dalam  mode  konvensional (noninterlaced   =  tidak  terjalin).   Karena  itu,  kedua  mode  menyegarkan seluruh layar dalam




printer




 
Printer



Jenis printer:
1.   dot-matrix,
2.   inkjet, dan
3.   laser.

Teknologi dot-matrix:
kerapatan: 9 dpi dan 24 dpi, monokrom dan warna,
kecepatan cetak: satu lembar setiap tiga menit.

Teknologi inkjet:
resolusi: 360 x 360, 600 x 600, dst., monokrom dan warna,
kecepatan cetak: 2 ppm, 3-5 ppm, 8 ppm, 12-16 ppm, dst.



plotter speaker
interface lain (misal : alat pengontrol robot)



3.  I/O Ports

I/O   adalah   Input/Output.   Bagian   ini   digunakan   untuk  menerima  ataupun mengirim data keluar sistem. Peralatan-peralatan  input dan output seperti yang tercantum di atas terhubung melalui port ini.


4.  Central  Processing Unit

Central   Processing    Unit   (CPU)   merupakan    otak   sistem   komputer.   CPU memilikidua  bagian  fungsi  operasional  yaitu  Arithmetical  Logical  Unit  (ALU) sebagai pusat pengolah data serta bagian Control Unit (CU) digunakan untuk mengontrol kerja komputer. Biasa disebut dengan nama processor saja.


5.  Memory

Bagian  ini  terdiri  dari  internal  memory  yaitu  berupa  RAM  (Random  Access Memory) dan ROM (Read Only Memory) serta eksternal memory yaitu berbagai macam disk seperti hard disk, floppy disk dan optical disc.


6.  Data Bus

Data   bus   adalah   jalur-jalur  perpindahan  data  antarmodul  dalam  sistem komputer. Biasanya terdiri dari 8, 16 , 32 atau 64 jalur data yang paralel. Karena pada  suatu  saat  tertentu  masing-masing  saluran  hanya  dapat  membawa  1 bit data, maka jumlah saluran  menentukan  jumlah bit yang dapat ditransfer  pada suatu saat. Lebar data bus ini menentukan  kinerja sistem secara keseluruhan. Sifatnya bidirectional, misalnya  CPU dapat membaca dari memory atau port dan dapat juga mengirim ke memory atau port.


7.  Address Bus

Address  Bus digunakan   untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini CPU akan mengirimkan alamat memory yang akan ditulis atau dibaca. Address Bus biasanya terdiri atas 16,  20, 24  atau 32 jalur  paralel.  Lebar  Address  Bus  menentukan  kapasitas  memory  maksimum sistem.    Sebagai  contoh  bila  CPU  mempunyai  Address  Bus  20  bit  maka  CPU dapat mengalamatkan 220 atau 1048576 alamat (1 MB).


8.  Control Bus

Control  Bus digunakan  untuk mengontrol penggunaan serta akses ke Data Bus dan Address Bus.  Control Bus terdiri dari 4 sampai 10 jalur paralel. CPU akan mengirimkan  sinyal  pada control  bus ini bila akan  meng-enable  sebuah  alamat yang ditunjuk, baik itu memory atau I/O port.


Hierarki Komputer

1.     Mainframe/Komputer besar  merupakan  komputer  yang  sangat  besar  -

mesin  jutaan  dolar,  yang  berukuran  lebih  dari  satu  ruangan,  contohnya  IBM

model 390.

2. Minicomputer/Komputer  kecil    merupakan    mesin    besar    yang powerful/berdaya   guna.   Biasanya   melayani   jaringan   dengan   terminal   yang sederhana. Komputer IBM AS/400 merupakan contoh komputer kecil.
3.   Workstation/Terminal kerja merupakan  mesin yang powerful.  Komputer-

komputer  ini mempunyai  kemampuan  untuk  menyelesaikan  aplikasi  perhitungan


yang rumit. Komputer-komputer  ini menggunakan  UNIX atau beberapa  dengan operating system/sistem operasi NT. Komputer-komputer  ini dilengkapi dengan prosesor RISC yang powerful seperti Digital Alpha atau MIPS.
4. Personal computer/Komputer pribadi merupakan  komputer  yang  murah

dan   dibuat/diproduksi   secara   banyak/masal.   Biasanya   menggunakan   DOS, Windows,  atau  sistem  operasi  yang  sejenis.  Komputer  ini  digunakan  untuk aplikasi-aplikasi standar


Jenis komputer yang akan kita bahas ke depan adalah PC (Personal Computer) yang menempati tempat terbawah dalam hierarki komputer di atas.


PC (Personal Komputer)

Sebutan teknis untuk sebuah komputer pribadi/PC (Personal Computer) adalah micro data processor/pengolah data yang kecil. Sebutan seperti itu saat ini sudah tidak sesuai  lagi.  Dari  perkembangan   komputer,  PC  telah  menjadi  hebat.  Komputer- komputer pribadi sekarang mempunyai kemampuan seperti komputer-komputer  mini dan  komputer  besar  tidak  seperti  tahun-tahun  yang  lalu/telah  lewat.  Komputer pribadi  yang  mempunyai  kemampuan  hebat  dengan  mudah  dapat  bersaing  dengan terminal kerja yang mahal. Bagaimana kita dapat mencapainya sejauh ini?

Keberhasilan PC

Komputer pribadi muncul tahun 1981. Kurang dari 20 tahun, PC telah mengubah total cara kita berkomunikasi.  Ketika PC pertama kali diperkenalkan  oleh IBM, hanya merupakan salah satu dari pelbagai pengolah data yang kecil. Tetapi dalam waktu  5-7  tahun,  telah  merebut/menguasai/memenangkan  pasar.  Dari  sinilah IBM compatible PC/IBM PC kompatibel menjadi standar.


Pada awalnya  PC dapat dikenali  dari beberapa  keunggulannya.  Hal ini membuat  PC

menjadi sukses.

1.   Komputer pribadi pada awalnya telah distandarisasi dan arsitekturnya terbuka.

2.   Mempunyai dokumentasi yang baik dan mempunyai kemampuan yang besar untuk dikembangkan.
3.   Tidak mahal, sederhana, dan meyakinkan.



Komputer pribadi memulai perkembangannya sebagai bayi IBM. Perusahaan IBM mendesain PC, menggunakan prosesor Intel 8088 dan sistem operasi sederhana MS- DOS Microsoft.


Karena desainnya didokumentasikan  secara baik, perusahaan-perusahaan  lain masuk ke pasar  ini. Mereka  dapat  membuat  tiruan  yang  berfungsi  sama  (clone/kloning). Perlahan-lahan,    banyak   perusahaan    mengembangkan    dan   medesain    PC   yang kompatibel dengan IBM.


Sebuah kloning merupakan mesin tiruan, yang dapat melakukan secara tepat seperti aslinya (Big Blue - IBM). Beberapa perangkat (contohnya hard disk) mungkin identik dengan  aslinya.  Tetapi,  para Kloning  mempunyai  nama  lain (Compaq,  Olivetti,  dll.), atau mereka  tidak mempunyai  nama sama  sekali.  Dari sini muncul  masalah  kloning sejati. Saat ini, dapat dibedakan:
4.   Nama merk, PC dari IBM, Compaq, AST, dll. Perusahaan-perusahaan  ini cukup besar, sehingga mereka mengembangkan komponen hardware/perangkat keras sendiri.
5.   Kloning, yang membuat PC dari komponen-komponen  standar. Setiap orang dapat melakukannya.


Komponen-komponen Pembentuk PC

1.CPU (Central Processing Unit) atau Processor

2.Motherboard

3.Memory

4.Casing dan Power Supply

5.Keyboard dan Mouse

6.Expansion Card

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
7 January 2016 at 05:33 delete

Anak multimedia banget nih

Reply
avatar