Membuat Desain Sistem Kemanan Jaringan

Membuat Desain Sistem Keamanan Jaringan
Pengertian Keamanan Jaringan Komputer
       Keamanan jaringan computer adalah proses untuk mencegah dan megantisipasi pengguna yang tidak sah dari jaringan computer. Langkah - langkah mencegah untuk menghentikan pengguna yang tidak sah yang di sebut “ penyusup”  untuk mengakses setiap bagian dari system jaringan computer. Tujuan keamanan jaringan adalah untuk mengantisipasi resiko jaringan computer berupa bentuk  ancaman fisik maupun logic baik langsung atau tidak langsung mengganggu aktivitas yang sedang berlangsung dalam jaringan computer.
       Satu hal yang perlu diingat adalah bahwa tidak ada jaringan yang anti sadap atau tidak ada jaringan computer yang benar – benar aman. Sifat jaringan adalah melakukan komunikasi.
       Setiap komunikasi dapat jatuh ketangan orang lain dan di salah gunakan system keamanan membantu mengamankan jaringan tanpa menghalangi pengguna dan menempatkan antisipasi ketika jaringan berhasil ditembus.
       Selain itu, pastikan user dalam jaringan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai kemanan dan pastikan bahwa mereka menerima dan memahami rencana keamanan yang anda buat. Jika mereka tidak memehami hal tersebut, maka mereka akan menciptakan lubang keamanan pada jaringan anda.

ibher16.blogspot.com 
       Ada 2 elemen utama pembentuk keamanan jaringan :
1.      Tembok Pengaman
Baik secara fisik maupun maya yang di taruh antara piranti dan layana jaringan yang di gunakan dan orang – orang yang akan berbuat jahat.
2.      Rencana Pengamanan
Yang akan di implementasikan bersama dengan user lainnya, untuk menjaga agar system tidak bisa si tembus dari luar.
Konsep Dasar Membuat Sistem Keamanan Jaringan
Pada umumnya pengaman dapat dikategorikan menjadi dua jenis pencegahan ( Preventif ) dan pengobatan ( Recovery ).


  Usaha pencegahan dilakukan agar system informasi tidak memiliki lubang keamanan, sementara usaha – usaha pengamatan di lakukan apabila lubang keamanan suda di eksploitasi. Pengamanan system informasi dapat dilakukan melalui beberapa layer yang berbeda. Misalnya di layer “transport” dapat digunakan “Source socket layer (SSI)” Metode ini misalnya digunakan website. Secara fisik, system anda dapat juga di amanakan dengan menggunakan “firewall” yang memisahkan system anda dengan internet. Pengguna teknik enskripsi dapat dilakukan dengan tingkat aplikasi sehingga data – data atau e-mail anda tidak dapat di baca oleh orang yang tidak mengendalikanacces terhadap resauce jaringan. Bukan saja yang mana, pengontrol acces ini harus me- ménage bagaimana object 2 ( bisa berupa sebuah file, database, computer, dll atau lebih tepatnya infraktor jaringan kita.


Sekian kali ini yang bisa saya share, semoga bermanfaat buat kita semua.
jangan lupa untuk di share ya atau tinggalkan jejak kalian dengan memberikan komentar nya !!!
terima kasih dan wasalammm.....

fb : damingibrahim
Email : ibher16@gmail.com  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »